Hujanku, juga Hujanmu....!!!!



Hujan…..!!!!
Tak selamanya menghasilkan keributan. Tak seharusnya menghasilkan kerugian. Dan tak semestinya kita lewatkan begitu saja.
Dua bulan terakhir, hari-hariku di temani oleh guyuran terik matahari yang sangat melelehkan  kulit. Seolah-olah mentari ketika itu baru saja lepas dari kurungan dan mengeluarkan seluruh energinya ke bumi ini. Sangat panas…!!!
Dua bulan yang lalu juga, aku masih ingat bagaimana seribu titik air membasahi "seng" rumahku yang menghasilkan keributan yang berisik. Jalanan di luar sudah tergenang oleh air, tanaman-tanaman jadi sangat basah serta ayam-ayam tak lagi mempu mengeluarkan suara merdunya akibat kedinginan yang melandanya. Orang-orang tua di sini rata-rata mengeluh dengan keadaan ini. Namun, tak sedikit anak-anak malah berhamburan keluar menikmati guyuran air hujan itu. Para orang tua mengeluh tak lain karena akan menyendat pekerjaan mereka yang membutuhkan sinar matahari. Sedangkan anak-anak yahhh… bahagia karena mereka merasa akan ada hal yang lebih seru di balik hujan ini. Dan aku sependapat dengan anak-anak itu.
Pada suatu sore ketika perjalanan pulang dari kampus. Langit Makassar mendung.
Pertanda akan hujan. Sedikit-demi sedikit pun air turun satu persatu sehingga jadi turun bersamaan membasahi bumi indah ini. Wahhh…. Ini kesukaanku dulu waktu kecil. Hujan-hujanan. Aku pun bergegas turun dari motor kesayanganku dan berusaha mengambil jas hujan dari sadel motorku. Setelah terpasang dengan pas, langsung kususuri jalan menuju rumahku yang tinggal beberpa kilo lagi. Aku sangat menikmati suasana dalam perjalananan. Kadang percikan-percikan air dari helmku mengenai wajahku. Kadang air masuk mengalir ke rambutku lewat lubang-lubang kecil dari helm. Dan itu sangat menyenangkan sekali. Aku sangat suka dengan hujan.
Walaupun sering membuat kita kesal, menurutku hujan juga bisa memberikan kita inspirasi dalam hidup ini. Sebut saja, tanpa hujan-hujan tersebut apakah tanah yang kita injak, akan selembur begini? Apakah hewan-hewan di hutan akan tetap hidup tanpa hujan tersebut? Tentu tidak kan?. Karena pada dasarnya bumi kita ini sangat membutuhkan hujan itu.
Aku sering menyebut hujan sebagai penghiburku di kala sedih. Seolah-olah hujan itu mengerti dengan perasaan kita. air-airnya yang turun mengguyur, layaknya kobaran semangat yang masuk ke dalam sanubari kita.
Hujan rintik memberikan pelajaran untuk tetap sabar dalam menghadapi apapun masalah yang ada dalam dunia ini. Hujan deras pun memberikan pelajaran bukti persatuan dan kerja sama itu dapat mengalahkan segalanya.
Bagiku, tak ada yang mampu menggantikan peran hujan dalam hidup ini. Hujan merupakan sumber inspirasi. Apalagi ketika pelangi muncul sehabis hujan. Sangat indah di pandang. Dan memberikan suatu pelajaran bahwa di balik kerasnya ujian dalam hidup ini pasti akan berakhir manis layaknya pelangi yang muncul setelah hujan yang sangat deras.
Hujan….!!!
Satu kejadian alam yang sudah sangat sering di keluhkan oleh orang-orang. Kadang ketika ingin ke suatu tempat lantas tiba-tiba hujan, seribu kata-kata jeleklah di keluarkan untuk si hujan. Kasian….!!! Padahal sebetulnya, hujan itu adalah rahmat yang di turunkan oleh Allah untuk kita nikmati.
Menurutku hujan tak jauh beda dengan sang mentari. Setiap guyurannya membuat sesuatu yang berguna untuk bumi. Membahagiakan ilalang-ilalang yang di landa kekeringan total, membuat tersenyum onta-onta yang ada di gurun pasir, dan tentunya membuat do'a orang-orang di penjuru padang pasir menjadi terkabul demi datangnya sebuah hujan.
lewat semua itulah, sehinggal membuatku terkagum-kagum dengan tetesan hujan itu. Sama seperti ketika aku jatuh cinta pada langit, kegelapan dan tentunya jatuh cinta kepada sang pencipta semua ini…..!!!!
hujan yang sebenarnya merupakan rahmat tak boleh kita sia-siakan. Maknailah hujan itu sebagai sesuatu yang menginspirasi. Bukan sesuatu yang membahayakan. Sekali lagi, bukan sesuatu yang membahayakan…..!!!

Hujann, Langit, Gelap selalu menemani hari-hariku yang indah….!!!

8 komentar:

  1. betul mas hujan juga adalah simponi yang indah dari yang maha kuasa....bukan cuma secuil posting ni mas ilham, melainkan banyak ilham di poting ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....!!! makasih OM kris..!!!
      smw ini berkat ujan....

      Hapus
  2. Sudut pandang yang berbeda tentang hujan. Bila kita berpikir positif, maka sesuatu yang positif juga akan 'menghampiri' kita :). Pesan dari Bang Ilham bisa saya tangkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppzzz....!!!
      btul skali mas rudy...!!!
      sering2 lah kita berfikir positif t'hdap apapun...!!!

      Hapus
  3. saya juga senang sekali bila hujan turun..
    apalagi bau tanah yang basah akibat diguyur hujan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh.. iyya..!! bau tanah yg menyimpan bau ketenangan...!!!
      za sngat suka hujan..!!!!

      Hapus
  4. betul skali Mas Bro... I like it your posting!!! ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...!!!
      mksih mba bro....!!!
      lain kali mampir lg...

      Hapus