Semester 5 : Masa-Masa Galaunya Seorang Mahasiswa

Hmmm... Kumulai lagi postingan ini dengan kata galau (Namun bukan galau karena cewek yah)..!!
Kali ini saya akan membahas tentang Galau tingkat tinggi yang dihadapi oleh mahasiswa. Kira-kira menurut teman-teman mahasiswa (Mahasiswi juga yah), di masa-masa manakah kalian merasakan galau  kuliah...?? Semester 1,3,5 atau malah semester akhir.

Kalau saya, galau tingkat tinggi itu saya alami saat sekarang ini, semester V. Kuliah di kota sendiri tampaknya kurang terasa sreekkkkk...!! Kenapa yah..?? Rasanya ada yang kurang begitu.

Semester V.... Berada diantara masa-masa awal kuliah dan akhir-akhir. Pada masa ini kita berada diantara perasaan yang masih menyesal dengan nilai semester 1, 2, 3, dan 4 serta masih penasaran dengan yang akan terjadi nanti di semester 5,6,7 dan 8 nanti. Sungguh galau berada di semester ini. Syukur-syukur kalau nilai IPK kita bagus di semester yang lalu-lalu sehingga kita malah optimis menghadapi semester-semester berikutnya. Tapi kalau nilai IPK kita hancur di semeseter lalu...?? bisa-bisa kita pusing memikirkan untuk reguler bersama-sama junior kita. Huhhh.... Berdasarkan nasehat dari seorang senior yang sedang reguler di kelas saya sekarang (Namanya tak usah disebutkan), kebetulan waktu itu saya telat dan tidak di ijinkan masuk oleh seorang dosen yah jadi saya duduk-duduk saja depan kelas sambil baca novel. Senior itupun datang, dia bilang : "Dek, nilai kamu waktu semester 1,2,3, dan 4 tak ada yang error kan..???" Langsung ku jawab : "Iyya kak, alhamdulillah tak ada". (Sebenarnya tidak pake cara bicara seperti itu yah, cuma di modifikasi saja supaya tidak kelihatan logatnya.. hehehe...). Dia bilang lagi, "Bagus kalau begitu dek, jangan sampai ada yang error yah..?? Soalnya kalau sudah seperti saya ini, semuanya bakal jadi rumit." Katanya dengan penuh keyakinan.


Saya cuma memperhatikan perkataan senior itu, tak ku balas perkataannya, karena takut kalau nanti saya salah ngomong dan dia tersinggung dengan perkataanku. Namun, setelah mendengar perkataan itu saya langsung jadi waspada terhadap mata kuliah di semester 5 ini. apalagi ia menambahkan. "Di semester 5 ini dek, semuanya bakal jadi tidak menentu alias GALAU. Teman-teman sudah semakin banyak kita kenal, kegiatan sudah banyak kita ikuti, belum lagi kalau kita juga menjadi anggota pengurus di jurusan atau di fakultas, semuanya jadi sulit. Kita semakin susah mengatur waktu antara menerima ajakan teman-teman, mengerjakan tugas kampus, mengikuti kegiatan, membantu keluarga di rumah (Bagi yang tinggal bersama keluarga), memikirkan masalah cinta (suiitt.. suitt)  serta mengurus hal-hal lainnya yang tidak boleh kita tinggalkan. Pesan saya dek, untuk semester V ini kamu tak usah dulu mendahulukan kegiatan-kegiatan yang kurang manfaatnya bagi kuliah kamu. Dahulukan dulu lah kuliahmu. Saya bukan menasehati kamu yah, tapi saya cuma berbagi pengalaman tentang yang pernah kualami dulu." Senior itupun mengakhiri pembicaraannya sambil pergi menjauh dari arahku.

Wahhh... "Memang segitu Galaunya yah, ketika semester V ini....??? "pikirku dalam hati".
Namun, pesan dari senior tadi betul-betul masuk akal dan berarti sekali dalam diriku. Makasih Senior (atau di panggil kanda yah.. Upss.. terserah deh..).

Yang jelas, setelah lebih dari dua bulan menjalani semester V ini, rasanya begitu sunyi. Hari-hari ku jalani serasa membosankan. Berbeda dengan semester-semester sebelumnya. Ketika baru mendapatkan teman-teman yang baru, beradaptasi dengan suasana kampus yang baru dan sebagainya lah.

Semester V ini, kegiatanku itu-itu saja. Pagi bangun kesiangan, pergi ke kampus telat, pulang sebelum dzuhur langsung buka laptop, nge blog, facebookan, twitteran dan sebagainya, abis dzuhur ada panggilan untuk makan siang, setelah itu lanjut lagi internetannya selama 2 jam, kemudian tidur siang bangun ketika hampir maghrib, trus buru-buru sholat ashar dan lanjut lagi internetannya sampai jam 11 malam dan akhirnya tidur lagi deh.

Selama semester V ini, rasanya tak ada yang spesial. Paling-paling yang spesial, kalau ada junior yang mau kenal sama kita (hehehe... itupun kalau ada). Tapi yang jelas, semester V ini harus kita lewati dengan mempersiapkan semuanya, melengkapi semua dan yang lebih penting harus lebih serius lagi menghadapi keGALAUAN ini...!!!

Sukses Yah bagi teman-teman sekalian. Bagi yang masih semester-semester awal, perjalanan kalian masih panjang, kalian masih punya banyak waktu untuk memperbaiki semuanya.

Untuk yang sedang menjalani semester 5 seperti saya, Semangat saja, semester 5 ini akan lewat dengan cepat kok, tapi jangan lewat begitu saja yah, harus disertai perjuangan yang maksimal.

Dan terakhir buat yang sedang menjalani masa-masa sulit untuk memperjuangkan skripsinya, Jangan menyerah.... Semangat menjalani semua ini. Saya tidak bisa memberi nasehat buat mahasiswa akhir, saya cuma do'akan kalian agar segera mendapatkan gelar sarjana kalian. Semangat.

Sekian....!!!

1 komentar:

  1. Oo gitu ya, pantesan z cowok ku jd jrang ngehubungin wkwk,makasi kak dan semangat buat kuliahnya.

    BalasHapus