Ngampus bukan sekedar Tren....


        semua orang tua ingin sesuatu yang baik buat anaknya. kalimat ini mengandung banyak pengertian. mulai dari orang tua tersebut berusaha menghasilkan harta yang banyak sekali untuk di jadikan warisan kepada anaknya (hahaha.. asyik lah kalau begini), ada juga orang tua yang setiap harinya sibuk mencari keluarga-keluarga (walaupun keluarga jauh sekali) yang memiliki perusahaan dan berusaha menjadikan anaknya bagian dari perusahaan itu (karena saking maunya anak tersebut di katakan "bekerja" (bukan pengangguran , namun ada juga yang walaupun tak memiliki harta yang berlebihan dan tak memiliki keluarga seorang pengusaha, tetapi yang ia juga ingin sesuatu yang baik buat anaknya, maka hal yang di tempuhnya yaitu mendidik anaknya tersebut dengan pengajaran dan bimbingaan sebaik mungkin (atau menyekolahkannya setinggi mungkin).

nahh.. kira-kira orang tua disekitar kita seperti apa???

yahh.. itu di atas merupakan sebuah pengantar dan sekedar basa-basi belaka..!!! hehehe.. karena saya tak tau mau mulai dari mana postingan ini...!!! hehehe!!

oke lah..!!  mengenai keinginan orang tua yang menyekolahkan anaknya, tentu hasilnya tidak seluruhnya dari orang tua tersebut kan...!! harus ada perjuangan juga dari anak tersebut...!!!
intinya, sama-sama berjuang lah...!! weitzz.. (jadi sok tau nih)..!! 
ada yang bilang kalau perjuangan sesungguhnya itu bukan ketika SD, SMP, SMA...!! (katanya...)
mugkin diatara kita sudah ada yang menyandang status ini. "MAHASISWA".. sudah ada kan... (pastinya)  sebagai seorang "mahasiswa" (cie.. cie) tentunya tak pernah lepas dari kegiatan yang namanya "ngampus"...!!!

sebagian kita mendaftar di kampus karena terbawa arus, ikut dengan yang lain karena teman-teman kita waktu sma rata-rata kuliah jadi kita juga ikut kuliah deh..!! ada juga yang kuliah karena sadar dengan masa depannya, jadi dia menyiapkannya sedini mungkin sejak SMA. ada juga yang kuliah karena ingn cari jodoh (hhahahaha... ).

 banyak julukan yag di sandang oleh mahasiswa. misalnya nih, mahasiswa di juluki bukan pelajar lagi, agen perubahan sosial, tuang demonstran dan masih banyal lagi julukan buat mahasiswa. artinya, julukan tersebut bukan membuat kita bangga, bukan pula membuat kita hina. namun dengan julukan tersebut setidaknya memaksa kita untuk melakukan sesuatu yang tertentu. intinya yang lebih bermanfaat dong. bahkan ada yang kuliah karena kuliah sudah jadi tren jaman sekarang.. (hehehe.. ada-ada saja)...!! 

bahkan ada yang sudah kuliah selama dua tahun tapi malah berhenti karena merasa jurusan yang di tempuhnya tidak cocok. bagaiman dengan yang sperti itu? apakah kita memang harus mundur kalau terlanjur masuk ke jurusan yang tidak kita minati, padahal sudah dua tahun berjalan...??? pastinya, kalau kita tak ingin membuat orag tua kita mengeluarkan banyak biaya, maka kita lanjutkanlah kuliah itu dengan tidak selalu membuatnya susah...!! jalani saja lah....!! heheh..!!! walaupun jurusan itu menurut kita tak bisa mendukung cita-cita kita. setidaknya ada hal yang bisa kita lakukan selain mundur dari kuliah tersebut. misalnya kita jadikan kuiah ini sebagai pendorong semangat untuk melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat lagi, ataupun kita buktikan bagaimana sebenarnya kehebatan mahasiswa itu.
karena hal-hal yang besar itu tak akan kita capai dengan kebiasaan saja, tetapi harus ada tekad dan semangat yang kuat yang jadi pondasinya (hehehe, pura-pura sok ngajar, padahal perkataan seorang dosen.. hehe)..!!

menjadi mahasiswa adalah saat di mana kita dapat mengasah pkirann kita, tentunya untuk yang baik-baik lah. coba kita lihat matahari, matahari punya cahaya yang begitu kuat sehingga bukan saja dirinya yang ia sinari, tetapi seluruh alam ini. memang, mulanya kita hanyalah sebuah lilin yang bisa memberi cahaya kepada yang lain tetapi mengorbankan diri sendiri. namun lama kelamaan, kita juga bisa seperti bulan, yang mencahayai orang lain setelah mendapat cahaya dari matahari. secara perlahan pun kita akhirnya jadi matahari bila kita sudah bisa membuat cahaya sendiri. nah, menjadi cahaya pun, bisa kita jadikan tujuan kuliah kita nantinya (bisa tidak..?? heheh.. g tau juga).. kita tidak bisa bercita-cita hanya untuk kebahagiaan diri kita sendiri kan..?? kita juga harus melibatkan orang lain lah... karena kita hidup kan tak lepas dari orang lain juga. kita pasti butuh bantuan orang lain agar sukses dengan cita-cita yang kita idam-idamkan selama ini. nah.. agar semua orang dapat membantu kita menggapai cita-cita kita, maka cara yang paling ampuh, yaitu membuat orang-orang terlibat dalam cita-cita kita.

namun, membaca bukanlah cara yang ampuh untuk membuat kita jadi matahari tadi. coba kia lihat peta (wah.. tadi liat matahari, sekarang lihat peta lagi, sebentar liat apa lagi.. hehehe).. di peta kita hanya lihat jalanan cuma berkelok-kelok. pada kenyataannya, banyak mobil-mobil yang melintasi jalan tersebut dan siap menabrak kita jikalau kita lengah dalam berjalan. peta hanyalah gambaran, dengan membaca sebuah peta tak akan bisa membuat kita sampai ke gambar yang kita maksud itu. yang kita butuhkan adalah keberanian dan kepercayaan diri agar dapat sampai ke tujuan...!!

ada pepatah yang bilang kalau orang yang sering menderita sakit akan panjang umur, orang yang jarang atau tidak pernah mersakan sakit akan pendek umur. kenapa demikian..???
itu karena orang yang sering sakit, ia tahu betapa pentingnya organ tubuh itu, sementara orang yang tak sedikitpun sakit, mana dia tau, seberapa penting dan berharganya organ tubuh itu. akhirnya ketika ia sakit, maka langsung berada di stadium 4. (wah.. coba di bayangkan yah..).

saat kuliah, kita pasti sering merasakan putus asa, terpuruk, ataupun bersedih. berbahagialah.. karena kesedihan, keterpurukan, dan keputus asaan itu tidak akan sia-sia, karena akan menghasilkan sesuatu yang hebat nantinya. sama seperti seorang ibu yang mengandung seorang bayi, jikalau ia terus-menrus mengeluh dengan kesusahannya dan berputus asa, maka hasilnya apa coba..?? nol besar..!!!
maka dari itu, berbahagialah kawan-kawann dan membayangkan bahwa bayi itu merupakan masa depan kita yang sangat luar biasa.

marilah kawan-kawan.. tidak ada waktunya untuk berputus asa hari ini...!!!
jadikan kuliah kita bukan cuma sebagai tren, tapi juga sebagai modal yang besar kita dalam mencapai masa depan kita nantinya...!!!




for my friends in My campus...!! terima kasih sudah mengajariku banyak tentang kehidupan di kampus ini....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar