Temu Blogger Kampus : Spirit Mengangkat Nama Baik Mahasiswa Makassar

Kalau Kita searching di Google dan mengetik kata Mahasiswa Makassar, Yang akan muncul adalah deretan berita tentang bentrok.
Motor Skydrive Putih yang saya kendarai dari rumah menuju Menara Phinisi UNM (Universitas Negeri Makassar tiba tepat jam 4 sore. Saya langsung bergegas memarkir motor dan menyimpan helm lalu menuju lokasi tujuan saya. Yah, kali ini saya akan mengikuti sebuah Kopdar atau temu Blogger Kampus Makassar. Namanya juga kopdar perdana, seluruh peserta kopdar tersebut belum semuanya saya kenal. Dan fikirku ini akan seperti kopdar blogger sebelum-sebelumnya. Orang-orangnya cuek,  tidak perhatian dan jaim-jaim.

O iya, perlu saya jelaskan kalau acara Temu Blogger Kampus ini saya tahu lewat retweet dari teman Twitter saya. Yah, terima kasih untuk itu. kalau dari namanya,Temu blogger ini merupakan sebuah komunitas yang nantinya akan menghimpun seluruh blogger yang saat ini masih menyandang status Mahasiswa. Mau itu semester baru, tiga, lima,tujuh, akhir atau apapun namanya yang jelas mahasiswa, bahkan mahasiswa yang sudah drop out pun masih bisa gabung di komunitas ini.


Oke, tepatnya jam empat sore, saya mulai sedikit berdebar-debar karena sebentar lagi saya akan bertemu dengan sejumlah blogger yang statusnya sama sepertiku, mahasiswa. Penasaran dan malu sudah bercampur jadi satu dalam sini (nunjuk dada). Namun kedua rasa itu langsung lenyap dan berubah jadi kesal. Yah, kesal karena sudah sekitar setengah jam saya mondar mandir di lantai satu Menara Phinisi UNM namun lokasi temu bloggernya belum juga ketemu. Saya mulai fokus dan mulai mencari-cari siapa tau ada suara microfon yang kedengaran dari tempatku mematung. Dan alhasil, tidak ada. Perasaanku semakin kesal ketika kubuka twitter dan melihat sejumlah twitt yang dilayangkan oleh @daengblogger selaku penggagas acara ini tentang serunya acara ini. sudah beberapa twitt yang dilayangkan namun saya belum juga menemukan lokasinya. Saya coba hubungi lewat DM di twitter masih tida di respon. Kabar baiknya, saya juga melihat twitt salah seorang teman yang telah mengikuti temu blogger tersebut. Langsung saa retweet dan coba mengirim DM ke dia dan alhamdulillah masih tidak ada respon.

Saya mulai frustasi dan bermaksud untuk pulang. Namun saya memutuskan untuk nongkrong dulu sejenak sambil menghambiskan daya baterai Handphone saya. Tak lama setelah itu, saya melihat seseorang yang kayaknya saya kenal. Yah, seorang teman cewek yang kukenal di komunitas blogger lain lewat di hadapanku. Yah, ini menjadi sebuah petunjuk untuk ke lokasi. Dengan berpura-pura tidak mengikutinya, saya pun sampai di lokasi acara yang ternyata ada di lantai dua. Wahhh...

Pas sampai di sekitar lokasi dan bermaksud untuk gabung, saya langsung merasa bersahabat dalam lokasi ini. Yah, saya langsung dijemput oleh salah seorang anggota yang memprakarsai acara temu blogger ini. Namun, saya tidak tanya namanya, cuma dia yang nanya nama saya. Yang jelas orangnya bersahabat lah.

Di tengah-tengah jalannya acara, secara bergantian para peserta Temu Blogger Kampus berbicara sekaligus perkenalan mewakili kampus masing-masing. Awalnya saya kira cuma saya yang datang dari UIN Alauddin, namun ada satu orang lagi rupanya. Tak tau siapa nama dan dari mana asalnya. yang jelas saya belum sempat ketemu di kampus sebelumnya. Wah, kesan yang semuanya baik dari teman-teman blogger kampus. Ada yang memperkenalkan blognya, ada yang bercerita tentang kisahnya ngeblog, ada yang bercerita tentang indonesia bahkan yang lebih menariknya lagi ada salah seorang peserta Temu Blogger Kampus tersebut datang dari STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Islam Dan Bahasa Arab). Wah,... Saya sangat bersemangat mengikuti acara Temu Blogger Kampus ini.

Bukan hanya itu, presentasi dari beberapa pemuka Daeng Blogger sangat memuaskan, terlebih lagi ketika menjelaskan tentang Mahasiswa Makassar yang sebagaimana pembuka dari tulisan ini, "Kalau kita searcing di google dan mengetik mahasiswa makassar, maka yang akan muncul adalah berita-berita tentang bentrok". Wah, baru terfikirkan dalam benak saya. Iyya yah. "Untuk itu kita di sini berkumpul untuk memperbaiki nama baik Mahasiswa #Makassar melalui blog yang kita punya." Lanjutnya lagi.

Tidak sampai di situ, Temu Blogger Kampus ini juga membahas tentang resolusi kedepan dari Komunitas ini agar komunitas ini tidak hidup seadanya saja, tapi memiliki sebuah resolusi yang akan di lakukan oleh seluruh anggota. Diantara resolusi tersebut, akan diadakannya pertemuan rutin tiap bulannya dengan membahas beberapa topik terhangat yang pastinya berkaitan dengan dunia blogging dan tulis menulis. Karena komunitas Blogger Kampus ini lebih mengarah ke dalam dunia literasi yang intinya tentang dunia kepenulisan.

Selanjutnya, resolusi yang ditawarkan adalah adanya penerbitan buku antologi dari para anggota Komunitas Blogger Kampus yang terbagi dalam tiga tahap. Yang setiap tahapnya memiliki genre atau tema tulisan yang berbeda-beda, baik itu puisi, cermin, cerpen, pengalaman pribadi ataupun tentang perjalanan Dan akan ditentukan oleh seluruh anggota nantinya. Intinya, tidak sia-sia berada di komunitas ini.

Dan yang paling saya favoritkan dari resolusi komunitas ini yaitu memberikan sebuah tawaran kepada seluruh anggota yang tergabung untuk memberikan sebuah tagline yang akan disepakati nantinya. Ini tujuannya apa..?? Yah, untuk memberi wajah cerah bagi Mahasiswa Makassar dalam dunia maya. Bahwa Mahasiswa Makassar bukan hanya bisa bentrok tetapi bisa juga membuat sesuatu yang sangat berharga di mata orang lewat blognya dan lagi-lagi intinya lewat tulisan.

Walaupun bisa di bilang saya masih awam mengenai dunia blogging, namun dari resolusi yang ditawarkan oleh komunitas Blogger Kampus ini, telah membangkitkan semangat saya kembali untuk meramaikan blog ini dengan tulisan-tulisan yang sederhana dan berharap orang-orang menerima dan mengambil manfaatnya.

Ayooo.. Yang belum punya blog, segera buat blog. Gratis kok.
Dan yang sudah punya namun masih setengah hati untuk mengelolanya, ayolah kapan lagi pemikiran anda bisa dibaca oleh jutaan bahkan milyaran orang.
Terus buat blogger yang saat ini sangat bersemangat blogging. Pertahankan itu.

Ayolah..
Gajah mati meninggalkn gading...
Kalau kita mati paling tidak meninggalkan sebuah tulisan....!!!

Sayangnya dokumentasinya tidak ada...

8 komentar:

  1. haha,,laporan yang mantap bung ilham. tambahkan #budaya literasi mahasiswa, #budaya literasi kampus, #literasi kampus #mahasiswa makassar di label postingan 'ta. Jangan lupa update cv (penggagas Komunitas Blogger Kampus). haha. lanjutkan, sukses!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamaaakkkk.... hehe.. iyya bung...!!!
      di label postingan yahhh...!!!!

      Hapus
  2. ddeh mantapmi tawwa bung Ilham, mohon bimbingannya nge-blog hhehe :-D ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa tong ine winaa e....
      sini ku ajar.... d rumahku nah....!!!
      bawa ayam....!!!!

      Hapus
    2. iyye nnt saya bw 1 ember ayam K*C hehehe

      Hapus
    3. behh d sensor... langsung mi sja.. KFC...

      Hapus
  3. sayng sekali saya tidak bisa hadir hari itu .. ada kegiatan yg dk bisa juga di tinggalkan ,, tapi semangat blogger saya tetep koq. mohon bimbingannya ya kaka . salam blogger kampus

    BalasHapus
  4. hmm.. sayang sekali....!!
    pdhal baxk inspirasi dari sana yg bisa d dpt...!!
    tp apapun itu, smngat ngeblog demi nama baik mahasiswa makassar....!!!

    BalasHapus