Pelajaran dari Manado

 Blukkk... Blukkk.. Blukkk....
Begitulah kira-kira suara knalpot sebuah motor ketika berani menerobos jalan yang banjir setinggi lutut. Sama halnya dengan motor Skydrive putihku yang kukendarai beberapa waktu lalu ketika hendak menuju rumah salah seorang tanteku di sekitaran Jalan Perintis.

Yah, akhir-akhir ini, fenomena dari berbagai daerah mengenai banjir dan hujan selalu menjadi berita hot news di beberapa saluran televisi kita. Tidak heran, karena fenomena banjir ini kadang menghasilkan sebuah berita-berita menarik untuk ditayangkan. Selain itu, beberapa peristiwa banjir yang dialami dari berbagai daerah pun kadang menjadi hiburan tersendiri bagi setiap warganya.

Berita terakhir yang sangat mengagetkan yaitu mengenai banjir bandang yang menimpa kota Manado. Sebuah peristiwa yang laig-lagi menjadi sebuah pelajaran bagi seluruh manusia itu, sontak menggegerkan seluruh manusia. Padahal beberapa berita mengenai kejadian bahkan kecurangan di kota itu sama sekali tak pernah muncul.



Mengapa harus Manado? Mengapa tidak di kota lain?? yang tiap hari dikabarkan adanya tindakan dzalim???

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang selalu muncul di beberapa kalangan setelah melihat fenomena alam ini. Sama halnya dengan Aceh beberapa tahun silam, yang ditimpa musibah Bencana Tsunami hebat yang menggulung seluruh warganya, Manado pun tak beda dengan itu, ribuan rumah hancur berkeping-keping akibat banjir bandang yang seolah-olah tak akan surut. Selain itu, longsor pun mulai merambah di daerah tersebut. Pemerintah dan masyarakat lain pun tak bisa berbuat apa-apa kecuali mengerahkan seluruh personilnya untuk meminimalisir keadaan ini, membangun posko-posko pengungsian di beberapa tempat yang aman, memberikan bantuan makanan dan pakaian serta turut merasakan penderitaan warga Manado dengan banyak berdo'a agar bencana tersebut segera berhenti.

Kita tidak tahu apakah sebab sehingga bencana seperti ini menyerang kota Manado. Kita hanya bisa yakin dan percaya bahwa dibalik semua ini ada hikmah tersendiri sebagaimana yang telah Lukamnul Hakim ajarkan kepada putra beliau. Selalu ada hikmah di balik semuanya.

Untuk lewat tulisan ini, saya dan kita semua selalu mendoakan yang terbaik buat kota Manado. Percayalah, semua yang terjadi di kota Manado sana merupakan bukti bahwa Allah itu ada dan tak ada satupun yang dapat melawan dan menentang kekuasaan Allah Swt.

Ya allah... kami mohon padamu agar bencana yang menimpa kota Manado saat ini berhenti dan membuat seluruh manusia mendapatkan pelajaran dari peristiwa ini....!!!

#PrayForManado #MahasiswaMakassar #BencanaBanjir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar