Biaya KKN Naik Dua Kali Lipat : Ada Maksud Apa Di Balik Itu?

Semester Tujuh sebentar lagi akan berakhir. Yah, banyak di antara teman-teman saya sudah mempersiapkan diri untuk pulang ke kampungnya masing-masing karena libur untuk semester ini kira-kira sekitar satu bulan lebih. Sama halnya dengan teman-teman saya di kelas, saya pun sangat senang ketika kuliah diliburkan. Namun yang menjadi pokok pemikiran saya diujung-ujung semester ganjil ini, tak lain dan tak bukan adalah KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang sebentar lagi akan kujalani, yang merupakan syarat untuk menyeleseaikan studi di kampus ini.


Sekitar beberapa bulan yang lalu, saya sempat menanyakan kepada salah seorang senior saya seputar KKN itu sendiri. Banyak sekali yang saya tanyakan. Mulai dari suasana di sana, orang-orang di sana serta kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan nanti. Dan terakhir saya menanyakan tentang estimasi biaya yang dibayar oleh senior saya itu.

Awalnya, saya mengira Kuliah Kerja Nyata yang disingkat KKN ini adalah sebuah kegiatan yang sudah dibiayai oleh kampus yang di potong dari SPP mahasiswanya. Namun, saya keliru, ternyata setelah senior saya itu menceritakan proram KKN dia waktu tahun lalu, saya pun mengerti sedikit demi sedikit. Dan ketika saya tahu tetang adanya sebuah biaya yang akan dikeluarkan, saya langsung memberi tahukan kepada orang tua saya tentang hal tersebut, dan alhamdulillah mereka berdua merespon dengan sangat baik. Alhamdulillah.

Hari demi hari pun berganti, dan tibalah saatnya sebuah pengumuman aneh bin ajaib yang dikeluarkan oleh pihak kampus mengenai KKN yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Satu per satu pengumuman saya baca. Karena selebaran yang saya baca hanyalah hasil kamera dari teman saya yang diunggah ke akun facebooknya, maka saya download dan membacanya satu per satu. pada poin pertama pengumuman itu, aman-aman saja. Nah ketika saya beranjak ke poin kedua, jejeran angka membuatku kaget, bukan cuma saya yang kaget ternyata teman-teman mahasiswa angkatanku pun kaget dan heran. Kok, angka sebesar itu menjadi syarat untuk melakukan KKN??? Bayangkan saja, angka 1. 300. 000 merupakan biaya yang harus kami bayar untuk mengikuti program KKN ini.

Lantas mengapa saya heran...??? Yah, ketika saya bandingkan antara pembayaran KKN pada tahun sebelumnya sangat berbeda dari tahun ini. Sungguh sangat berbeda jauh. Bisa liat rincian ini.

Rincian Biaya KKN Tahun 2014

Berbeda jauh kan..??? 
Yah, walaupun dalam hal ini BBM naik, tetapi jangan seenaknya menaikkan biaya KKN sampai sejauh itu. Kita ini adalah mahasiswa dan bukan seorang pengusaha besar. Kalaupun diantara kami ada yang beruntung merupakan anak seorang pengusaha besar, alhamdulillah.. Tapi yang lainnya..??? Bagimana kalau salah satu di antara mahasiswa ada yang anak seorang tukang becak atau tukang bentor yang setoran perhari orang tua mereka tidak menentu. Atau bahkan ada di antara mahasiswa yang membiayai hidupnya sendiri dengan kerjaan seadanya. Apakah yang disalahkan adalah mahasiswa tersebut? Tidak bisa begitu kan..???

Dengan rincian dana yang seperti itu, seolah-olah kami menjadi korban kesemena-menaan birokrasi kampus. Bukan hanya saya yang tidak menerima, namun seluruh teman-teman saya tidak bisa menerima keputusan seperti ini. Kalau seperti ini, KKN sudah bukan Kuliah Kerja nyata lagi namanya, tetapi menjadi Korupsi Kolusi dan Nepotisme. 

Namun, saya tak ingin anarkis yang tiba-tiba langsung ingin melempari rektorat kampus atau memaksa para pengurus untuk mengubah keputusan secepatnya dengan paksaan yang tidak bermoral. Saya hanya berharap lewat tulisan ini, serta lewat perjuangan teman-teman yang hari ini Senin, 20 januari di bawah rintik-rintik hujan melaksanakan Demonstrasi yang sama sekali tidak anarkis, saya ucapkan selamat memperjuangkan hak-hak mahasiswa seutuhnya. Maaf kawan, saya tak bisa ikut karena bertepatan dengan waktu kuliah saya yang sama sekali tidak bisa untuk tidak dihadiri. 

Semoga perjuangan kita untuk memperjelas Biaya KKN ini akan mendapatkan kemudahan dari Allah yang maha kuasa serta diberkahi oleh-Nya.



2 komentar:

  1. emang spp per bulan brp gan atau per semesternya dan
    apakah kkn itu mci harus bayar bukannya kayak sekolah smk wkt magang gratis
    sorry kuliah q masi pending

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihai.. entahlah.. pdahal kampus sy termasuk kampus termurah katanya gan..!!!
      tp yah, namanya jg.. hawanya duit...hihihi
      kuliah d mn gan?

      Hapus