Asyiknya Belajar Mengajar Dengan e-Learning Untuk Guru Dan Siswa

Indonesia Berprestasi Bersama XL Axiata - Mengajar itu gampang-gampang susah. Mengajar bisa menjadi hal yang tersulit bagi para guru yang tidak memiliki jiwa pengajar. Sebaliknya, akan menjadi hal yang terasyik dan paling menyenangkan bagi seorang guru yang memiliki jiwanya. Tak heran, diantara kita masih sering menemukan kejanggalan-kejanggalan dalam proses belajar mengajar. Sebabnya, yah karena metode yang digunakan guru tersebut dalam mensiasati kondisi kelas yang tidak terlalu ampuh. Kadang siswa yang merasa bosan, kadang juga malah guru yang keseringan mengintip jam dinding karena ingin cepat-cepat keluar.

Padahal sebenarnya jadi guru itu unik loh. Bisa saya buktikan.
Guru itu unik. Coba kita perhatikan, diantara dua guru yang baru lulus dari perguruan tinggi yang sama,  jurusan yang sama bahkan dengan kelas yang sama, pasti memiliki ciri khas yang sama. Mulai dari metode yang digunakan, volume suara, mimik dalam mengajar, cara pakaian ataupun cara interaksi dengan murid pasti berbeda dengan yang lainnya.



Secara akademik, mahasiswa-mahasiswa yang kuliah dan mengambil prodi keguruan dipersiapkan untuk menjadi guru-guru profesional kedepan. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka yang berasal dari prodi/jurusan lain mampu menjadi pengajar yang disenangi oleh murid-murid dibanding yang berasal dari prodi keguruan itu sendiri karena memiliki metode mengajar yang bagus, terorganisir dan disukai anak-anak.

saya teringat dengan seorang guru yang pernah mengajar saya. Beliau adalah guru yang sangat dikagumi oleh para siswa. orangnya agak tinggi, rambutnya rapi, suaranya melengking dan humoris. setiap hari sebelum pelajaran dimulai ia selalu memiliki tebak-tebakan lucu yang membuat anak-anak dikelas menjadi tertawa. Kehadiran guru ini selalu dinanti siswa karena mampu menjelaskan materi dengan simple dan mudah dimengerti. Padahal beliau bukan dari sekolah keguruan, beliau dari fakultas tekhnik.

Nah, sekarang yang menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan ini adalah masalah metode pembelajaran serta media pembelajaran yang digunakan oleh guru kepada siswa-siswanya. Untuk itu dibutuhkan sebuah metode yang dapat merangsang siswa untuk semangat dalam belajar.

Salah satu media yang dapat mengatasi itu semua adalah Media Pembelajaran e-Learning untuk guru dan siswa. Tak bisa dipungkiri lagi, peran internet dalam zaman modern ini sangat mempengaruhi jiwa seorang anak. kalau dulu, ketika anak sudah berada dalam rumah, maka orang tua sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan anaknya tentang masalah pergaulan. Namun sekarang, jangankan dalam rumah dalam kamar pun, orang tua harus tetap mengawasi apa yang dilakukan anaknya.

Sebenarnya, internet itu sangat bisa diandalkan untuk mendidik siswa menjadi lebih baik, tergantung konsumsi internet yang cocok buat siswa. Untuk itulah, e-Learning hadir sebagai solusi bagi anak agar dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Penggunaan e-Learning ini dapat merangsang semangat belajar siswa yang mulai menurun karena metode yang membosankan dari seorang guru. Guru harus menggunakan media e-Learning ini dalam belajar mengajar agar semua siswa menikmati materi yang diajarkan serta dapat membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran karena adanya ragam gambar, suara, permainan, latihan ataupun media-media lain yang bersahabat dengan siswa.



Dengan e-Learning, Guru tidak akan kesulitan lagi membuat siswa gampang memahami materi karena siswa dituntut untuk terus belajar dalam kondisi apapun dan di tempat manapun.

Untuk itu, marilah kita memanfaatkan penggunaan e-Learning untuk guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di negara kita ini.

Untuk mengakhiri tulisan ini, saya pribadi mengucapkan selamat hari guru kepada seluruh pengajar yang ada di dunia. Semoga dengan momentum hari guru ini dapat membuat kita lebih bersemangat lagi mencerdaskan bangsa ini serta menjadi pahlawan tanpa tanda jasa selanjutnya untuk bangsa kita. Aamiiinn...!!

Dan terima kasih untuk Indonesai Berprestasi bersama XL Axiata Indonesia karena telah mengadakan lomba blog dengan tema "e-Learning Untuk Guru dan Siswa". Semoga dengan event ini, kita semua sadar akan pentingnya pendidikan dan selalu berusaha menjadi orang Indonesia Berprestasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar