Sejuta Kisah Di Warkop Dottoro



Warkop Dottoro. adalah sebuah warung kopi yang bisa dikatakan sangat unik. Mengapa? yah, yang pertama karena namanya "Warkop Dottoro". kalau dalam bahasa bugis-makassar bisa kita artikan dokternya kopi. Aneh kan? Yah, begitulah warkop Dottoro ini. begitu unik namun sangat terkenal dimana-mana. menurut seorang pendatang dari pulau lain. "Anda akan rugi ke Makassar kalau tidak singgah di Warkop Dottoro ini dan mencicipi kopi khasnya.

Kata Dottoro ini sendiri memiliki maksud dapat menyembuhkan kaum pria yang merasa jenuh atau suntuk berdiam diri di rumahnya. Warkop Dottoro ini juga dapat dijumpai di beberapa jalan di Makassar, seperti di warkop pusatnya di Jalan Tinumbu, di Jalan Satando, Jalan Pattimura, Jalan Veteran dan masih banyak lagi yang tak kutahu alamatnya di mana.Pengunjung warkop Dottoro ini terdiri dari berbagai macam kelas, mulai dari tingkatan anak muda seperti saya dan teman-teman, bapak-bapak bahkan ibu-ibu sekalipun.



ini adalah tempat ngopi favoritku. bukan hanya saya, ini adalah tempat ngopi favorit seluruh orang Makassar. Kalaupun anda (yang di luar Makassar) pernah mencoba kopi khas warkop dottoro' ini pasti menjadikannya tempat favorit juga. Kalau saya ke sini bersama teman-teman, kami sampai lupa waktu untuk pulang.

Entah sejak kapan tren Ngopi di warkop Dottoro sudah jadi tren di Kota Anging mammiri ini. ketika suatu saat saya nongkrong untuk ngopi di warkop yang ada dekat rumahku, di Jl. Tinumbu, saya sempat menanyakan beberapa pertanyaan kepada salah satu pelayan di warkop Dottoro itu.



Ternyata, Warkop Dottoro ini adalah sebuah usaha yang tak disangka akan menjamur dan besar seperti ini. Dg. Naba adalah nama pengasuhnya. Beliaulah yang menciptakan cita rasa kopi ini bersama sanak keluarganya. "Dulu itu namanya ini warkopka, belumpi Dottotro, masih warkop 75. Tapi setelah jalanmi ini warkopka, ada dibilang pak Uceng. itumi yang kasi namai ini kopia jadi "Dottoro". Begitu kata pelayannya yang sangat kental logat Makassarnya.

Pelayan itu melanjutkan, "Dg. Naba itu mulai buat ini kopi awalnya sejak masih remajai. kira-kira masih 12 tahunki waktu itu. dulu itu dia sebagai pencuci gelasnaji om nya. tapi karena omnya nda punya keturunan kodong, jadi Dg. Naba mi yang teruskanki itu usahanya. Sampai kira tahun 70-an mulaimi Dg. Naba kembangkanki ini usahanya. Sampai sekarangmi, Warkop Dottoro' banyakmi cabangna di kota Makassar ini. Tapi yang kelolai itu, nda bisa kalau bukan keluarganya. harus dari keluarganya. Karena bedai itu rasanya." Jelas seorang pelayan.

Dari cerita itu, saya mulai berfikir, wah, ternyata perjuangan Dg. Naba dalam merintis usahanya ii, penuh dengan perjuangan.

Warkop Dottoro ini tak pernah sekalipun sepi pengunjung. Pelayan-pelayan warkop tersebut setiap harinya sibuk melayani pengunjung. ciri khas yang paling menonjol dari Warkop Dottor ini adalah bau harum Kopinya serta cara menyajikannya yang begitu lezat. Kadang Kopi ini dinikmati dengan makanan-makanan tradisional yang tersedia di warkop dottoro itu, kadang juga di nikmati bersama telur setengah masak ataupun tanpa makanan atau telur.

Favoritku, adalah kopi susunya yang begitu kental.
"Eh, Kopi stengah Nah...". Begitu caraku memesan kepada pelayannya yang langsung dimengerti oleh pelayan tersebut.

Pokoknya teman-teman yang belu pernah menikmati kopi Dottoro' ini, ayo segera dicoba. Karena selain menyehatkan, kopi ini juga bisa membuat anda semangat dalam menjalani hari-hari anda.

Ayooo.. Silahkan dicoba.

2 komentar: