Penerimaan Anggota Baru AL WAHYU Berlangsung Antusias



Seperti tahun lalu, Tahun ini juga kami dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab mengadakan pendaftaran untuk masuk sebagai anggota di clubmeeting Bahasa Arab kami, Al WAHYU. Sebuah perkumpulan yang  berjalan di dalam ruang lingkup bahasa arab, membuat para mahasiswa baru di Universitas Islam Negeri Alauddin ini sangat tertarik untuk bergabung di dalamnya, utamanya yang terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab. AL Wahyu merupakan sebuah clubmeeting berbasis bahasa Arab. Nama Al Wahyu tersebut merupakan sebuah singkatan dari الوحدة لمحبي اللغة العربية yang
berarti dalam bahasa indonesia Kesatuan Pecinta Bahasa Arab. Dan Alhamdulillah kali ini mahasiswa yang berminat untuk mengikutkan namanya ke dalam clubmeeting ini sangat banyak yaitu kurang lebih 130 orang yang di mayoritasi oleh mahasiswa di jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat al Qur'an yang dilantunkan oleh teman saya Hariyanto. Dengan penuh penghayatan membaca ayat demi ayat dari Al Qur'an yang disertai dengan suara lembut ala jenepontonya semakin membuat suasana begitu hening dan tenang. 



Ka' Amir, sebagai ketua Al Wahyu periode 2008-2010 menyatakan bahwa Al Wahyu kali ini betul-betul berbeda dari sebelum-sebelumnya, karena menurutnya pada tahun ini, adik-adik mahasiswa baru sangat antusias mengikuti kegiatan ini. "Kami dari pengurus sangat menyambut kedatangan adik-adik di dalam Al Wahyu ini, selanjutnya semoga kita semua dapat bertahan di sini dalam keadaan apapun. kami juga berharap adik-adik mahasiswa baru aktif dalam pertemuan-pertemuan yang akan di adakan oleh Al Wahyu ini dan semoga mendapat banyak pelajaran dalam Al Wahyu ini." Kata Ka' Amir antusias.






Dalam kata sambutannya, M. Rahmat Kurniawan (Ketua Al Wahyu periode tahun ini yang sekaligus mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab Semester 5) sangat bahagia dengan adanya peserta yang sangat membludak tahun ini. Tahun ini sangat spesial menurutnya sebagai ketua Al Wahyu yang baru. disertai senyuman khasnya, beliau menjelaskan poin demi poin pentingnya bahasa Arab yang diiringi tepuk tangan keras dari para peserta. "kami sangat berterima kasih kepada para peserta yang bersedia ikut dalam perkumpulan ini, selain itu kami juga sangat berterima kasih kepada para panitia yang membantu terealisasinya kegiatan ini utamanya dari adik-adik semester 3". Ungkapnya dengan penuh perhatian.



Setelah itu tibalah saatnya sambutan yang ditunggu-tunggu dari dosen yang sekaligus senior kita serta sekaligus kakak kita di jurusan Penddikan Bahasa Arab, Al Mukarram ka' Azizul Hakim yang memulai sambutan dengan bahasa Arab yang sangat fasih sehingga membuat para peserta terkagum-kagum mendengarnya. Beliau pun menjelaskan bagaimana asal mula dari AL Wahyu ini, bagaimana kesusahan-kesusahan yang pernah dialami beliau ketika mahasiswa, serta masih banyak lagi pengalaman-pengalaman yang diceritakan oleh sosok yang sangat kami hormati di Jurusan kami itu agar kami mengambil pelajaran dari itu semua.  Beliau mengakhiri sambutannya dengan memberikan kami sebuah ibarah. "Rasulullah mencintai Bahasa Arab itu karena tiga hal, yang pertama karena beliau adalah orang arab, karena bahasa al Qur'an adalah bahasa Arab, dan terakhir karena Bahasa penghuni surga nantinya adalah Bahasa Arab". Beliau sangat berharap para peserta memperbaiki niat dalam menuntut ilmu, karena  segala sesuatu apabila di mulai dengan niat yang baik maka akan baik pula hasilnya". Lanjutnya lagi mengakhiri sambutannya. 



Dan akhirnya, acara pembukaan Al Wahyu ini ditutup dengan do'a yang dipipin oleh sahabat kami Ramdani Fajar

Setelah acara pembukaan selesai, dilanjutkan dengan tes tertulis buat para peserta. Tes tertulis ini berupa soal-soal dasar yang diberikan oleh para senior-senior yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan para peserta yang nantinya akan dikelompokkan sesuai hasil dari pekerjaan masing-masing peserta. Adapun pembagian kelompok yang akan dilakukan di Al Wahyu ini yaitu ada 3 kelompok. Mubtadiin (pemula), Mutawwashithin (Menengah) dan Mtamayyiziin (mahir). Pmbagian kelompok ini pun bertujuan untuk mengimbangi kemampuan bahasa Arab para peserta atau anggota yang nantinya akan belajar Bahasa Arab dengan sangat nyaman di tempat ini.

Dengan penuh semangat, para peserta mengerjakan soal-soal satu persatu sehingga waktu yang diberikan telah habis. Dengan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, para panitia berhasil mengumpulkan lembar jawaban yang diberikan tadi dan akan membagi kelompok berdasarkan hasil dari jawaban-jawaban para peserta. 

Pembukaan serta Tes Masuk Al Wahyu ini berakhir tepat pukul 15.30 yang bertepatan dengan suara adzan dari masjid di kampus kami. Selamat untuk teman-teman sekalian yang telah berhasil mengadakan acara yang sangat bermanfaat seperti ini. Dan buat para peserta, selamat datang di perkumpulan bahasa Arab kami, di sinilah kami banyak mengetahui tentang bahasa Arab, di sinilah sarangnya bahasa Arab, pesan saya kepada para anggota baru, Janganlah pernah bosan belajar Bahasa Arab..!!!


2 komentar:

  1. waaah subhanallah, barakahllah ya ^_^
    aku tertarik sama bahasa arab, suka browsing aja paling :D

    BalasHapus
  2. hehehe...!!
    iyya nih.. d kmpus, ada clubmeeting bahasa arabnya...!!
    mksih yah dah follow...!!!

    BalasHapus