Skripsi Itu (tak) Gampang





Akhir-akhir ini, saya mendapatkan sebuah predikat baru dalam dunia per-campus-an. Sebuah predikat yang tak bisa saya lupakan. Bagaimana tidak?? Pasalnya predikat tersebut adalah predikat yang sangat sakral di kehidupan kampus. Yah, berpredikat sebagai Mahasiswa Akhir di kampus adalah sebuah keadaan yang kadang membuat kita bangga, namun lebih sering membuat kita galau. Bangga, karena kita sudah memasuki saat-saat menjadi seorang raja di kampus. Tak ada lagi senior, tak ada lagi yang perlu ditakuti, dan tak ada lagi kepura-puraan dalam menghormati. Namun, tidak mesti berbangga terus-menerus. Dijamin, dalam semester ini rasa Galau akan terus menyerang. Pasalnya, ada sebuah pertanyaan yang sangat tidak diharapkan oleh mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir seperti saya ini. "Brooo, kapan selesainya..??".

Pertanyaan tersebut benar-benar sangat mengganggu di pikiran saya. Bagaimana cara menjawabnya dengan keadaan skripsi seperti sekarang ini...?? Hahaha... Kadang saya tersenyum sendiri ketika mendengar pertanyaan tersebut ditanyakan oleh junior-junior ataupun keluarga terdekat saya. Rasanya menggelikan, namun kadang juga membuat emosi. Ya iyalah, kalau ditanyakan terus menerus kan bikin kita tak bisa menahan diri.

Tetapi, setelah belajar banyak dari senior-senior di atas saya, saya mulai tahu jawaban yang pas untuk menjawab pertanyaan sekejam itu. Kalau nanti ada yang nanya ke saya "Kak, kapan selesainya", yah bilang saja, secepatnya... Hehehe.. Jawaban itu sesuatu banget. Tidak membuat saya terlihat ketakutan ataupun tidak membuat saya terelihat hancur dengan skripsi.

Kalau berbicara tentang skripsi, yang ada di benak kalian para junior-junior pasti masih membayangkan kalau skripsi itu super duper gampang dikerjakan. Yah, saya doakan buat kalian yang bilang begitu, semoga kalian dimudahkan sesuai dengan anggapan kalian itu...

Skripsi itu kalau mau diibaratkan, bagaikan film horror, yang kalau kita nonton sendiri-sendiri kita akan ketakutan setengah mati tetapi menikmatinya, dibanding dengan menontonnya bersama-sama tetapi tidak menikmati film tersebut. Skripsi juga begitu, kalau kita kerja bersama dengan anggota geng kita, maka skripsi tersebut akan terasa mudah namun timbal baliknya ke kita tidak semaksimal jikalau kita kerja skripsi tersebut sendiri dengan usaha dan modal sendiri tanpa bantuan orang lain. Terasa begitu bermanfaat, ketika kita sudah mengetik Daftar Pustakan Skripsi yang kita kerja tanpa bantuan orang lain.

Namun sebenarnya, mengerjakan skripsi itu tidak sesusah di bayangan anda. Kerja skripsi itu sejatinya sangat gampang. Cuma kitanya saja yang malas untuk berusaha. Sok mempublish di sosial media kalau skripsi itu sulit. Padahal kalau kita tekuni dan berusaha keras maka akan gampang dan cepat menyelesaikannya.



Percayalah (nasehat untuk diri saya sendiri), Kamu hanya butuh waktu 3 minggu untuk menyelesaikan skripsi kamu. Bukan 3 bulan, percaya itu....!!

So, buat teman-teman seperjuanganku yang sampai sekrang masih berkutat melawan skripsi atau masih berusaha untuk Seminar Proposal, ayo lebih semangat lagi. Kejar tuh skripsi. Gampang kok...!!!

1 komentar: