PPL itu Seru Yah....????

Akhir-akhir ini, PPL (Program Pengalaman Lapangan) membuat hari-hariku sibuk. Yah sibuk memikirkannya saja. wkwkwk. Sepertinya, PPL sudah sangat populer diantara teman-teman sekampusku. Mengapa tidak?? Yah, gak tau juga mengapa? Mungkin karena terlalu banyak rintangan dan halangannya yah... Teringat lagunya kera sakti, Nyanyi dulu ahhh... ***Walau halangan, rintangan menerkam tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran... hahah.. huuuu...****

Masak kera sakti bisa mengatasi halangan dan rintangan sedangkan kita tidak??? Masuk akal kan teman-teman??? Seperti yang saya katakan tadi, PPL itu kita sibuk, maka dari itu saya akan ceritakan kesibukan saya selama ber-PPL.

PPL hari pertama, saya dan teman-teman disuguhkan dengan nasehat serta bimbingan guru Pamong...!!!  Tahu tidak guru pamong itu apa?? Ayoo?? apa?? Guru pamong itu bukan sejenis biskuit kaleng yah, bukan..  bukan juga sejenis racun serangga, wahh.. parah. Guru pamong itu, guru yang kami gantikan untuk mengajar. Nasehat yang cukup panjang sampai-sampai membuat kakiku gemetaran mendengarnya, lama sekali soalnya.

Alhasil, saya sebagai guru, menggantikan beliau, masuk untuk perkenalan. Wawww... Siswa-siswa yang pintar, semuanya mendengarkan dan menghafalkan nama-nama mahasiswa PPL yang lagi perkenalan depan kelas. Namun, ada hal lucu ketika berkenalan dengan kelas yang lain, kebetulan saya cuma berempat. jadi kami berempat secara berurutan memperkenalkan diri. Mahasiswa pertama, assalamu 'alaikum nama saya Budi, saya dari Bima. Mahasiswa kedua, nama saya Isra' saya juga dari bima. Mahasiswa ketiga yang kebetulan seorang perempuan, nama saya Syamsiah Saya juga dari Bima, salam kenal adek-adek..


Sampai disini, siswa-siswa tampak mulai merasakan getaran yang aneh... ciee.. Getaran...!!! Kok getaran sih..!! Aneh, kenapa yah?? padahal tinggal giliran saya. Siswa-siswa tampak saling berbisik. Ingin rasanya saya teriak, Woy... di kelas tidak boleh main arisan. Tapi apa boleh buat saya cuma mahasiswa PPL yang baru kali ini muncul. Akhirnya kuputuskan untuk memperkenalkan diri dengan standar.
Adek-adek sekalian, nama saya Muhammad Ilham, saya dari ...... sebelum saya menyelesaikan perkenalan saya, ada seorang siswa langsung menyambnung perkenalan saya. 'Pasti dari Bima kan kak???? Wahhhh.....!!!! Hahahaha....!!! saya cuma bisa pasrah mendengar itu semua dan berusaha menjelaskan apa yag sebenarnya sedang terjadi.

Oh, lupakan masalah perkenalan itu. hari ini sudah dua minggu saya berada di sebuah sekolah Madrasah Tsanawiyah Model Makassar (Nama sekolah tidak disamarkan) . Hari-hari kulalui dengan biasa saja, tak ada yang spesial kecuali adanya wifi di sekolah tersebut, wkwkwkwk....!!! Akhirnya, sebelum ngajar bisa juga baca komik online Hunter X Hunter.

selama ber PPL ria, kami sekelas mulai memunculkan dan membangga-banggakan sekolah tempat kami PPL, Tentunya, saya dan teman kelompokku lah yang paling bangga karena bisa ditempatkan di sekolah negeri seperti ini. Akhirnya ada dua kategori yang di elu-elukan di kelas kami. Judulnya Antara Model dan Madani. Karena kebetulan sebagian teman-temanku ada yang lagi PPL di Pesantren Madani yang terletak didaerah dekat-dekat apa gitu. wkwkwk..!! Mulai deh... Ada yang bilang kalau sekolah yang mereka tempati PPL adalah sekolah yang terbaik, Walaupun sangat terpaksa diucapkan, kasian teman-temanku. Sabar saja yah..!! 

Pertarungan antara Madani dan Model ini pun tidak sampai di situ, dan terus menyebar dan berkelanjutan beberapa minggu sampai sekarang. Wah, padahal sudah jelas mana yang terbaik..!!! hahaha...!!! Madani.. Madani...!! sampai-sampai, cara bergaul di kelas kami pun mulai terpisah, antara yang PPL di Madani dan MTsN Model. Segitunya. mulai cara bergaul, berbagi, senyum sampai melirik pun harus sesama Madani atau Model. Narsis deh pokoknya.

Dan tibalah saya masuk kelas dan megajar seorang diri menghadapi siswa-siswa berprestasi dan membanggakan. Siswanya cantik-cantik (Aura Mudanya mulai keluar), suasana kelas adem (tidak panas), punya kamera sis TV dan untungnya Guru Pamong tak ikut nyungging di depan kelas. Untung lah...!!


Satu persatu materi kuajarkan, sampai suatu waktu, ada bau yang sangat mengganggu dalam kelas yang muncul tiba-tiba. tidak salah lagi, itu bau KENTUT....!!! Hampir semua siswa mulai menutup hidung dan mulai kacau (saya tetap menjelaskan materi waktu itu). Kebayang kan kalau ada hal seperti itu. Yang saya harus perbuat bagaimana??? Hahh...?? apakah ini balasan perbuatan waktu sekolah dulu, tapi perasaan, dulu saya tidak pernah sekalipun deh KENTUT dalam kelas apalagi sampai baunya menyebar seperti itu. Wahahaha....!!! Kira-kira kalau teman-teman mendapat situasi seperti itu, mesti gimana??? Apakah teman-teman ikut nutupin hidung? (tapi nanti siswanya tersinggung), atau malah tidak memperdulikan hal itu seperti yang saya lakukan (walaupun perih, tapi saya tetap lakukan itu loh).

Hahaha... Dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa aneh yang saya dapatkan selama PPL ini. kalau saya ceritakan di sini akan panjang sekali (hahaha, alasan, bilang saja kalau sudah tidak ada lagi).. Yang jelas, PPL itu adalah sebuah sarana yang bisa membuat kita latihan serta mempermantap jiwa laki kita. wkwkwk...!!!


Pelajaran yang bisa dipetik : Kalau ada bau kentut, jangan gelisah. Kalau gelisah, bisa-bisa kamu katahuan...!!!

Ket : Semua yang anda baca tidak semuanya benar, jadi ambil positifnya saja....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar