Selamat Tahun Baru Hijriyyah


Tahun baru, rasanya baru kemarin....!!! Eh, sudah tahun baru lagi... Padahal baru ingin merencanakan beberapa hal. Hmmm...!! Tahun baru kali ini saya cukup bangga juga...!!! ketika keluar rumah dari tadi pagi sampai sesore ini, saya melihat dan mendengar dari mesjid-mesjid yang kulewati di jalan, semuanya merayakan tahun baru Hijriyah ini dengan zikir akbar. Ini merupakan hal yang positif bagi umat islam. Dari tahun ke tahun saya melewati tahun baru hijriyah ini, baru kali ini saya melihat sekaligus mendengar suara dzikir yang bergema di mana-mana.

Tahun lalu, tahun baru hijriyah ini dianggap biasa-biasa saja oleh orang-orang di sekitarku. Entah karena apa..!!! Mungkin karena mereka belum sadar yah atau belum tahu apa sebenarnya sejarah dari awal ditetapkannya tahun baru Hijriyah itu. 

Ini dia kisahnya, ketika itu khalifah Umar Bin khattab ra. setelah berunding dengan beberapa penasehatnya akhirnya untuk menggunakan tahun di mana Rasulullah Saw.
berhijrah dari Mekah ke Madinah sebagai awal permulaan perhitungan kalender islam. Momentum hijrah Rasulullah Saw. dianggap mewakili era baru karena bukan hanya saat itu Rasulullah Saw. berhasil meloloskan diri dari kota Mekah yang sudah tidak kodusif lagi bagi perkembangan dakwah beliau namun juga kpeutusannya untuk berhijrah ke Madinah membawa pelita terang bagi kebangkitan islam sehingga beliau berhasil membangun pondasi mental dan spritual bagi umat islam yang terasa sampai sekarang. 

Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk selalu berdo'a ketika menjelang dan meninggalkan tahun baru Hijriyah itu. Daripada berlama-lama lagi, ini dia do'a akhir dan awal Tahun Baru Hijriyah. 




Do'a akhir Tahun



Do'a Awal Tahun

Makadari tiu mari kita rayakan tahun baru ini dengan memperbanyak zikir serta meningkatkan kualitas iman kita. Kita intropeksi diri kita dari hal-hal jelek yang pernah kita lakukan serta kita tingkatkan amal-amal yang telah kita lakukan di tahun baru ini...!!
Selamat Tahun BAru Hijriyyah....!!!
kullu 'Amin wa Antum bikhair....!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar